Keselamatan kerja telah menjadi salah satu pada dasarnya kecelakaan ditimbulkan oleh tindakan yang dilakukan oleh perilaku tidak aman, hal inilah yang perlu diperhatikan agar menghilangkan perilaku tidak aman sebagai penyebab terjadinya kecelakaan. Hal inilah salah satu teori dari Model Kecelakaan Domino H.W. Heinrich.

Ada empat model kecelakaan yang akan kami perkenalkan, anatara lain :

  1. Model Kecelakaan Domino H.W. Heinrich
  2. Model Kecelakaan Domino 5-Stars NOSA – Leo Strydom
  3. Model Kecelakaan Swiss-Cheese Prof. James Reason
  4. Model Kecelakaan Tameng K3 Nusantara Coach Eddy

Mari pertama kita Perhatikan Model Kecelakaan Domino H.W. Heinrich, Menurut Model Kecelakaan ini Ada 5 faktor yang saling berhubungan, yaitu

  1. Kondisi kerja,
  2. Kelalaian manusia,
  3. Tindakan tidak aman,
  4. Kecelakaan,
  5. Cedera

Dari ke lima faktor tersebut diatas, tersusun layaknya kartu domino yang diberdirikan, jika salah satu jatuh, maka kartu ini akan menimpa kartu lainnya hingga kelimanya akan jatuh. Hal ini dapat kita rangkum dari Penyebab Kecelakaan ini sesungguhnya adalah “Human Error”.

Model Kecelakaan Domino 5-Stars NOSA – Leo Strydom memiliki kesamaan dengan teori dari Model Kecelakaan Domino H.W. Heinrich, dimana menurut Teori/Model Kecelakaan ini; Agar 3 Jenis Penyebab Kecelakaan tidak roboh maka diperlukan Domino Tambahan yg harus ditempatkan di atas 3 Domino Penyebab Kecelakaan tersebut agar terkunci. Domino Tambahan tsb berupa Safety Managementt System.

Model Kec. Swiss-Cheese Prof. James Reason, dimana Model Kecelakaan ini dipastikan bahwa setiap Bahaya (Hazard) pasti akan bertransformasi menjadi Kecelakaan (Accdent) cepat atau lambat (soon or later). Cepat atau lambatnya proses transformasi dari Bahaya menjadi Kecelakaan tersebut sangat tergantung pada “Multiple Barriers” yg anda terapkan di perusahaan/organisasi.

Model Kecelakaan Tameng K3 Nusantara Coach Eddy, Menurut Model Kecelakaan untuk mencegah bahaya (Hazard) yang bertransformasi menjadi Kecelakaan maka kita harus menggunakan 4 Jenis Kecerdasan yang telah diberikan tuhan. Ke 4 Jenis Kecerdasan yang kita miliki untuk berharap dapat diaplikasikan dalam mencegah kecelakaan di tempat kerja.

Pada kesempatan ini kami hadir dalam kegiatan Seminar Nasional K3 yang akan hadir di 34 Provinsi di Inonesia dengan tema utama Holistic Safety Leadershp Coaching, yang akan membahas tuntas teori/model kecelakaan, dan bagaimana Model Kecelakaan Tameng K3 Nusantara dengan 4 jenis kecerdasan yang tuhan berikan serta dapat mengaplikasikannya di dunia kerja.