Apakah keterampilan safety leaders dalam penting?

Safety Leaders memiliki peran sangat penting dalam memastikan keselamatan dan kesehatan seluruh petugas yang ada dilingkungan kerjanya. Hal ini membutuhkan keterampilan agar apa yang dikerjakan sesuai prosedur keselamatan yang ditetapkan dan saling bersinergi. Dimana dalam pelaksanaannya seorang pegawai akan memiliki peningkatan kemampuannya dalam menerapkan K3, hingga menjadi budaya dalam kehidupannya.

Keterampilan ini terangkum dalam safety coaching. Dimana  “Safety Coaching” merupakan  salah satu Teknik Pembelajaran K3 yang menyentuh ke 4 Jenis Kecerdasan (SQ + EQ + IQ + PQ) secara Holistic, untuk menjamin efektifitas pencapaian target pembelajaran berupa kompetensi (K+S+A) K3 tertentu;

Keterampilan “Safety Coaching” yang benar dan baik akan membuat kegiatan pekerjaan  akan berjalan dengan menyenangkan dan memotivasi seluruh petugas. Sebagai upaya setiap petugas memiliki komitmen dalam menjalankan tugasnya sesuai peraturan yang telah ditentukan, serta kesadaran dalam menjalankannya.

Dalam aplikasinya pelaksanaan “Safety Coaching” bertujuan untuk menyentuh hati dan jiwa (heart & soul) setiap petugas, dengan menyentuh bagian limbic sistem (otak bagian dalam) agar apa yang telah dibangun dalam menjalankan keselamatan dalam bekerja mudah diterapkan secara sadar dan menerimanya dengan rasa senang (tumbuh kesadaran), bukan karena keterpaksaan.

Adapun yang paling utama dalam pelaksanaan “Safety Coaching” yaitu mampu menyentuh jiwa (soul), sebagai upaya menyentuh bagian God Spots (Titik-Titik Tuhan). Dengan tujuan agar tumbuh jiwa pengabdian kepada Allah (loyalty to Allah) dan menenangkan.

Bagaimana Keterampilan Safety Coaching Bagi Para Safety Leaders dapat diaplikasikan di tempat kita bekerja, akan dibahas secara detail oleh guru kita di Seminar Nasional di 34 Provinsi di Indonesia dengan tema Holistic Safety Leadership Coaching