MODEL KEJU SWISS

Pada 1990 James Reason, memperkenalkan dunia pada model penyebab kecelakaan akibat keju Swiss. Ini sekarang membentuk dasar dari sebagian besar pemodelan risiko. James Reason adalah Profesor Emeritus Psikologi di University of Manchester, Inggris. Dia adalah konsultan untuk berbagai organisasi di seluruh dunia, dicari sebagai pembicara utama di konferensi internasional dan penulis beberapa buku terkenal termasuk Human Error (CUP, 1990), The Human Contribution (Ashgate, 2008) dan A Life in Error (Ashgate, 2013).

Jadi apakah model keju Swiss ?

Dalam kerangka kerja yang representatif dari Reason, setiap lapisan keju mewakili penghalang yang dapat mencegah terjadinya peristiwa yang tidak dapat diterima. Karena itu, secara teori, penyimpangan dan kelemahan dalam satu pertahanan tidak memungkinkan risiko terwujud, karena pertahanan lain juga ada, untuk mencegah satu titik kegagalan. Namun, setiap penghalang juga memiliki kekurangan. Jika semua ‘lubang’ ini berbaris, seperti yang kadang-kadang terjadi, maka peristiwa bencana dapat terjadi. Ada dua jenis lubang: kondisi laten (masalah yang ada) dan kegagalan aktif (masalah akut yang mengarah pada kecelakaan).

Penggunaan model Reason membantu kami mengungkap beberapa kegagalan yang lebih kecil yang dapat berkontribusi pada suatu peristiwa. Terlalu mudah untuk menyalahkan kesalahan manusia, seperti yang sering terjadi. Seperti yang dikatakan oleh Alasan: “Kita tidak dapat mengubah kondisi manusia, tetapi kita dapat mengubah kondisi di mana manusia bekerja”. Jika pelajaran harus dipelajari dari apa yang terjadi maka konteks yang lebih luas ini perlu dipertimbangkan dengan tepat.

Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang model di Holistic Safety Leadership Coaching. Model keju Swiss dihormati dan dianggap sebagai metode yang berguna untuk menghubungkan konsep. Itu juga telah dikritik bahwa itu digunakan terlalu luas, dan tanpa cukup model atau dukungan lain. Bagi mereka yang ingin mempertimbangkannya lebih dalam, ada beberapa pemikiran tentang aplikasi praktis dan pancing potensial di sini.

Lihat illustrasi video di bawah ini: